Minggu, 28 April 2024

LA 2 modul 3



MODUL 3
PERCOBAAN 4
1. Prosedur
[Kembali]

        1. Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
        2. Buat program di aplikasi arduino IDE
        3. Setelah selesai masukkan program ke arduino (Verify and Upload)
        4. Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
        5. Selesai

2. Hardware dan diagram blok [Kembali]
      a. Hardware





A. Alat  
1. Breadboard
B. Bahan                                                                    
1.  LCD 16 x 2
2. Arduino Uno
3.Keypad
4. Jumper

            b. Diagram Blok







3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]

A. Gambar Rangkaian

   
B. PRINSIP KERJA
  
Pada percobaan 4, komponen utama yang digunakan adalah keypad sebagai input, arduino uno sebagai mikrokontroler, dan LCD 16 x 2 sebagai output. Terdapat 2 arduino uno yang digunakan pada rangkaian ini yang masing-masingnya bertindak sebagai arduino master dan arduino slave. Arduno master terhubung pada input dan bertanggung jawab untuk mengirim data, sementara arduino slave terhubung pada output dan bertanggung jawab untuk menerima data.
 
Percobaan 4 ini mensimulasikan komunikasi Universal Asynchronus Receiver Transmitter (UART), yaitu protokol pengiriman data secara serial dan asinkronus menggunakan pin Tx dan Rx dengan baudrate yang sama. Artinya, pada komunikasi UART data dikirim satu per satu, yaitu dengan urutan idle, start bit, LSB sampai MSB data, parity bit, dan stop bit. Pengiriman ini tidak bergantung pada siklus clock, sehingga digolongkan pada jenis komunikasi asinkronus. Untuk mengirim data ini, pada rangakain, pin Tx arduino master harus terhubung dengan pin Rx arduino slave, sementara pin Rx ardino master terhubung dengan pin Tx arduino slave, dengan syarat kedua pin ini dihubungkan setelah program terupload. Selain itu, UART merupakan komunikasi jenis full duplex, artinya dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan.

Jika input diberikan atau keypad ditekan, maka sinyal input akan diteruskan ke arduino master untuk dikirim. Kemudian, arduino slave akan menerima sinyal tersebut dan meneruskannya pada output. Saat sebuah keypad ditekan, maka LCD akan menampilkan karakter yang sama dengan karakter yang ditekan pada keypad.  Kondisi ini diperoleh melalui program atau instruksi yang diberikan dan dijalankan pada arduino master dan arduino slave. 

    
4. FlowChart [Kembali]

a. Listing Program 

Master 

#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
char colPins[COLS] = {5, 4, 3};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey)
{
Serial.write(customKey);
}
delay(20);
}


Slave 


b. Flowchart








5. Video Demo [Kembali]




6. Kondisi [Kembali]

Percobaan 4 sesuai dengan modul 3

8. Download File [Kembali]
Download HMTL Klik disini
Download Video Demo Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet lcd klik disini
Download Datasheet keypad klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

LA 2 modul 3

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Prosedur 2. Hardware dan diagram blok 3. Rangkaian Simulasi dan P...